Penanganan keratoconjuntivitis pada kura-kura…….

Penyakit pada hewan air tidak banyak diketahui oleh pecinta hewan kesayangan ataupun juga oleh dokter hewan

    jarangnya referensi tentang hewan air dan penyakitnya membuat sulitnya u/ mengobati hewan air ini ketika ada penyakit menyerang….khususnya pada kura-kura,kura-kura termasuk hewan yg rentan terkena infeksi dan butuh treatment khusus untuk mengatasinya….,melalui tulisan ini akan dibagi sedikit ilmu u/ menangani penyakit hewan air khususnya kura-kura,khususnya u/ permasalahan keratocunjuntivitis pada kura-kura
    Penyebab penyakit keratocunjungtivitis pada kura-kura adalah bakteri aeromonas sp. yg akan menginfeksi mata kura-kura yang ditempatkan pada aquarium yang kotor dan sirkulasinya buruk. Ketika bakteri ini sudah menyerang maka mata akan menjadi berair dan berkerak hingga seluruh mata tertutup kerak putih. Ketika seluruh mata sudah terkena kerak putih tersebut koordinasi kura-kura akan terhambat dan nafsu makannya akan berkurang….kalau sudah seperti ini pemilik hewan harus segera berkonsultasi dengan dokter hewan yg mudah dijangkau,karena bila terlambat ditangani akan semakin lambat proses penyembuhannya. Sebenarnya masalah ini bukan masalah besar untuk hewan peliharaan yang lain seperti anjing dan kucing yang hidup di darat,tapi untuk hewan air infeksi akan tetap bertahan karena habitat hewan yang hidup di air.pemilik hewan harus rutin untuk mengganti air minimal 2 hari sekali,dan ingat ketika terinfeksi pisahkan dengan hewan air yang berada dalam satu aquarium.
    Yang perlu diperhatikan lagi adalah keseimbangan suhu dan pencahayaan…,tercukupinya cahaya akan membantu penyembuhan dan suhu akan menjaga kondisi kura-kura agar tetap dalam kondisi kesehatan yang stabil.
    Sebagai langkah awal untuk mengobati kura-kura adalah membersihkan kerak mata secara rutin dengan tetes mata steril,selanjutnya dipergunakan tetes mata yang mengandung antibiotik yang bertarget di mata seperti chloramphenicol atau gentamisin. Penggunaan obat tetes mata pada kura-kura lebih mudah daripada bentuk sediaan salep. Biasanya kura-kura akan diberikan injeksi antibiotik dan vitamin secara intra muskular,disamping itu pemberian vitamin A per oral akan mempercepat penyembuhannya…..
    Dengan treatment yang intensif seperti diatas kondisi kura-kura akan membaik dalam waktu 5-7hari.
    by:
    drh. Ika Kusumawati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s